Jabatan Fungsional Pranata Komputer di Pemprov. Banten, bisakah ?

Seiring dengan perkembangan jabatan struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, jabatan fungsional pun turut berkembang dan bertambah. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap PNS berhak mendapatkan jenjang karir yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dimana setiap PNS yang memenuhi syarat akan menduduki jabatan struktural tertentu dengan proses seleksi terlebih dahulu.

Persaingan di tingkat level tertentu akan selalu ada bagi setiap PNS dalam mendapatkan jabatan struktural. Banyak faktor yang menjadi motivasi bagi setiap pegawai untuk memperoleh jabatan tsb, diantaranya adalah tunjangan jabatan yang lebih besar dibanding sebagai pelaksana.
Nah, sebagai alternatif lain bagi pegawai yang ingin berkembang, adalah dengan meniti karir di jalur jabatan fungsional, diantaranya adalah pranata komputer. Anda tentu sudah tahu atau pernah mendengar jabatan tersebut kan ? Saya pernah melakukan survey tentang jabatan fungsional PraKom ini terhadap sejumlah pegawai staf di beberapa SKPD, dan hasilnya adalah hampir 45% mau tapi tidak siap dengan angka kreditnya, 25% tidak mau, 30% mau dan siap. Alasan bagi pegawai yang bersedia dan tidak siap, adalah karena mengejar angka kredit yang susah katanya, sedangkan alasan bagi pegawai yang tidak mau adalah karena optimis akan memperoleh jabatan struktural yang menggiurkan. Padahal hampir 75% pegawai yang disurvey adalah pegawai yang berlatar pendidikan TI.
Ironis sekali jika alasan yang dikemukakan karena mengejar angka kredit yang sulit….padahal inilah kesempatan bagi pegawai untuk berkarir secara profesional. Karena jabatan fungsional pranata komputer (PraKom) membutuhkan improvisasi dan inisiatif dari pegawai yang bersangkutan. Maka tidak heran jika ada yang tidak suka dengan jabatan ini, artinya bahwa memang tidak suka bekerja keras dan hanya menunggu perintah dari atasan saja.
So…siapa yang mau silakan daftar….
Info lebih lengkap klik disini

About datin-bkd-banten

official blog for Bidang Data dan Informasi Kepegawaian of BKD Provinsi Banten

Posted on 23/02/2011, in Berita. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan komentar