Pemotretan dan Pengambilan Sidik Jari (Bio Metric) PNS Provinsi Banten Tahap II

image

(Serang, 18 April 2012)

Sejak dicanangkannya Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik (KPE) oleh Badan Kepegawaian Negara 2 tahun lalu, setiap PNS di seluruh Nusantara wajib memiliki kartu identitas PNS tersebut. Dasar dari pelaksanaan KPE itu sendiri adalah Perka BKN No. 7 Tahun 2008 tentang Kartu Pegawai Negeri Sipil Elektronik.

Sekedar mengingatkan, di Provinsi Banten sendiri launching KPE dilaksanakan pada tanggal 14 uni 2011 lalu. Sedangkan proses pengambilan foto dan sidik jari tahap I dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2010 yang diikuti sekitar 3000-an PNS Provinsi Banten.

Karena pada kegiatan pengambilan poto dan sidik jari tahap I ada beberapa  PNS yang berhalangan, kembali BKN menawarkan pemotretan susulan bagi yang belum pada tahap I. Sehingga sejak seminggu lalu (7 s.d 12 April 2012) BKD Provinsi Banten khususnya Bidang Data dan Informasi sibuk mempersiapkan sarana dan prasarana untuk  kegiatan tersebut. Setelah direkap berdasarkan usulan SKPD, jumlah PNS secara keseluruhan yang belum difoto dan diambil sidik jari pada tahap I dan PNS pindahan dari luar provinsi maupun kabupaten/kota serta CPNS Angkatan 2011 sebanyak 600-an.

Setelah semua persiapan selesai, kembali BKD Provinsi Banten menggelar kegiatan pengambilan fcoto dan sidik jari tahap II pada tanggal 16 dan 17 April 2012, yang bekerja sama dengan BKN Pusat, Bank bjb Cabang Banten, dan Sucofindo. Kegiatan berlangsung tertib, aman, dan lancar tanpa kendala.

Beberapa dari para peserta yang berharap agar KPE nantinya  bisa difungsikan sebagai kartu pintar yang bisa mengakomodir semua keperluan PNS (All inn One-Pen), bukan sekedar kartu identitas yang hanya sekali-kali dibutuhkan saja, “Kami berharap KPE ini bisa untuk belanja, untuk berobat, untuk bayar tol, dan lainnya lah….jadi ga usah bawa kartu-kartu banyak di dompet, sekarang bukan jamannya lagi dompet banyak kartunya hahahaha….” kelakar seorang peserta yang sedikit banyak mesti kita pikirkan kedepan.

Baiklah itu jadi PR kita bersama, semoga apa yang dicita-citakan tentang KPE adalah kartu pintar itu segera terwujud…amiiin

IMG_0068IMG_0069

Suasana di ruang tunggu

IMG_0159IMG_0180

Proses pemanggila peserta                     Panitia dan Tim Sukopindo

IMG_0085IMG_0184

Tim dari Sukopindo                               Panitia (Datin BKD Provinsi Banten)

Posted on 18/04/2012, in Beranda. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. KPE BUAT APA, BOSS?
    Ini mengingatkan kita kepada kasus penolakan KTP elektronik dalam urusan warganegara. Entah apa yang menjadi alasan, samsat di DKI jakarta menolak fotokopi KTP elektronik. Di lingkungan birokrasi, sampai hari ini urusan kepegawaian harus menggunakan fotokopi kartu pegawai yang dari kertas karton itu. Aneh sekali, KPE itu dibuat sebagai perbaikan terhadap kartu pegawai. Tapi tidak ada gunanya, kecuali sebagai ATM. Sebenarnya masalahnya jelas, Kantor Regional BKN menolak penggunaan KPE yang merupakan kebijakan BKN, karena nanti urusan terima kasih penerbitan Kartu pegawai Karton menjadi hilang. Jadi KPE itu buat apa, Bos?

  2. boleh jawab ya, betul memang apa yg dikatakan kang gahara, cita2 Pemerintah yg diwakili BKN dalam mewujudkan integrasi data pegawai di seluruh pelosok tanah air dan goodwil nya dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai melalui project SATU KARTU UNTUK SEMUA salah satunya, adalah satu langkah maju utk menuju era digital..bersambung..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: